Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Sosial & Politik …’ Category

Kamera pada Smartphone

Kamera pada Smartphone

Mengutip dari Wikipedia tentang Citizen Journalism

“The concept of citizen journalism  is based upon public citizens “playing an active role in the process of collecting, reporting, analyzing, and disseminating news and information“

yang kira² berarti peran aktif masyarakat dalam proses mengumpulkan, melaporkan, menganalisa dan menyebarkan sebuah berita atau informasi.

Dengan makin banyaknya pengguna smartphone [yang pada umumnya memiliki kamera] di Indonesia … Citizen Journalism menjadi suatu hal yang lumrah, walau mungkin sebagian besar masih dalam ranah pribadi dan atau kelompok.
Banyaknya media sosial [Facebook, Instagram, Path, Twitter, dsb] turut merangsang para pengguna smartphone tersebut secara tidak langsung menjadi bagian aktif dari Citizen Journalism.

Alangkah baiknya … jika kegiatan Citizen Journalism ini bisa dimaksimalkan manfaatnya … baik bagi pelaku, masyarakat dan juga pemerintah …  Dalam hal ini pada kegiatan berlalu lintas.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para pelanggar lalu lintas hanya “sadar” jika ada penegak hukum [Polisi] … jika para penegak hukum tersebut tidak ada, maka jalan raya bagaikan hutan belantara …
Entah berhenti atau parkir seenaknya, menerobos lampu pengatur lalu lintas, melawan arah, berjalan tidak pada tempatnya [mis. trotoar, jalur busway], dsb. yang merugikan pengguna jalan yang lain. (lebih…)

Iklan

Read Full Post »

Salah Sasaran …

Hmm …

Membacanya sebetulnya aneh … coba kita baca lagi sama² berita berikut

Yayasan Dusun Mandiri Malang membuka sekolah perakitan dan perawatan komputer untuk petani di Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Pengajarnya adalah dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Surabaya dan mahasiswa S2 Universitas Brawijaya Malang. “Agar petani mahir memperbaiki komputer yang rusak,” kata Edy Slamet, Ketua Yayasan Dusun Mandiri.

Menurut Edy, untuk kelas pertama, sekolah ini diikuti tujuh petani dan dimulai pada September lalu. Setelah lulus, yayasan akan memberi petani seperangkat komputer untuk disewakan sekaligus untuk praktek komputer.

korantempo

gak tau kenapa … no heart feelling … saia pengen ketawa membacanya … petani, didaerah seperti itu, diberi keterampilan untuk memperbaiki PC … apa akan berguna ? mbok ya yang jelas² aja to, cara memperbaiki traktor atau tentang pengendalian hama atau apa lah yang lebih mengena buat mereka …

Halah … tahu apa saia … pokoknya gitu dech … 😀

Read Full Post »

Hmm …

Kalau terpilih sebagai bupati, apa yang akan dilakukan? Menurut Pak Karto, petani tembakau yang tinggal di pucuk Gunung Sumbing dan kenalan baik keluarga saya, yang akan dilakukan sederhana saja: “Seperti Pak Masjchun.”

Pada usianya yang lebih setengah abad, Pak Karto tetap mengenang Pak Masjchun. Padahal Masjchun Sofwan, nama lengkap Pak Masjchun, sudah pensiun dari jabatan bupati di kampung halaman Pak Karto, Temanggung, sejak 30 tahun lalu.

Jawaban itu juga muncul ketika saya tiba-tiba bertemu dengan petani tembakau makmur itu saat sama-sama membeli belut untuk oleh-oleh di Godean, bagian barat Yogyakarta. Iseng saya goda Pak Karto. “Saya pikir kemarin sudah menang pilkada bupati, terus sibuk, sampai tidak sempat beli belut seperti ini.”

Wong kulo tiyang mboten pendidikan, Mas. Mosok jadi bupati,” katanya. “Kalaupun bisa, paling jadi bupati kethoprak.”

“Jadi, kalau berpendidikan, Pak Karto nyalon bupati?” (lebih…)

Read Full Post »

Hmm …

Jenjang pernikahan sejatinya gerbang sakral dalam memulai lembaran kehidupan baru. Pernikahan adalah sebuah jalan menuju tahapan penuh suka dan duka bagi tiap pasangan. Lepas dari kaitan berdasarkan setiap ajaran agama, momentum itu tentu mesti dijunjung tinggi.

Yakin kepada pasangan adalah salah satu kunci selain memanjatkan doa kepada-Nya. Di era modern yang kerap memunculkan ketikdapastian, eratnya komitmen merupakan bekal yang tak bisa ditawar lagi, meskipun tak seorang pun bisa menebak bagaimana biduk rumah tangga berlayar. Kita bisa lihat misalnya dari layar kaca belakangan ini di tanah air: berseliweran kabar kandasnya sejumlah rumah tangga pesohor.

Sebelum kita mengucap akad nikah atau melangkah melewati deretan tamu undangan menuju altar dalam upacara perkawinan, ajukan sejumlah pertanyaan yang sungguh penting. Hal itu diutarakan psikolog Dr. Robin L. Smith yang menulis sekitar 25 pertanyaan dalam bukunya yang bertajuk Lies at the Altar terbitan Hyperion.
(lebih…)

Read Full Post »

Doch … PLN …

Hmm …

Setelah pemerintah dengan setengah memaksa para pengusaha untuk menjadikan sabtu dan minggu sebagai hari kerja dalam sebulan, saat ini pemerintah kembali merencanakan untuk menaikan tarif listrik bagi kalangan industri. Apa pemerintah tidak memikirkan kelangsungan industri, yang tentu saja juga jutaan orang yang menggantungkan hidupnya pada sektor industri ? Apa yg dicari oleh pemerintah ? Urusan yg satu aja belum selesai, sudah menambah urusan baru … Parah … (lebih…)

Read Full Post »

Hmm …

Cuma … apa yach tepatnya yg sekarang saya rasakan … melihat salah satu gambar dari sebuah tampilan flash di situs BBC Wildlife Fund.

Apakah sedemikian parahnya pemerintah Indonesia … sehingga kenyataan seperti gambar diatas bisa terjadi …

Nggak tau dech … perut keknya berasa aneh nech … campur aduk …

Read Full Post »

Hmm …

Sebuah tulisan menarik dari Otto Syamsuddin Ishak, seorang peneliti senior Imparsial, yang diterbitkan di korantempo pada tanggal 3 Juni 2008. Mungkin bagi anda yg tidak sempat membeli korantempo pada hari itu, dapat membacanya lagi disini. Silahkan … (lebih…)

Read Full Post »

Older Posts »